Apakah Tuhan Sembahyang?

Category : ramadhan

Bani Israil bertanya kepada nabi Musa a.s, apakah Allah SWT juga sembahyang? Nabi Musa a.s, tentu merasa marah kepada mereka, hingga dia menyangkal pertanyaan itu dengan menyuruh mereka bertaqwa kepada Allah, dan jangan mempertanyakan hal yang bukan-bukan.

Dari Anas r.a :

Nabi Muhammad s.a.w bersabda: “Allah telah berfirman, bertanya Bani Israil kepada Musa a.s, adakah Tuhanmu itu sembahyang? Jawab Musa a.s : Bertaqwalah kalian kepada Allah wahai Bani Israil. Firman Allah : Hai, Musa! Apa yang dikatakan kaummu kepadamu? Musa menjawab : Wahai, Tuhanku, tentulah Engkau lebih tahu. Mereka bertanya, apakah Tuhanmu sembahyang? Jawab Allah : Beritahulah kepada mereka bahwa shalatKu atas hambaKu, ialah rahmatKu akan mendahului kemurkaanKu. Kalaulah tidak karena itu, niscaya telah kubinasakan mereka semua” (Riwayat Ibnu Sakir)

Ternyata Tuhan saja sembahyang. Shalat Allah SWT adalah rahmat atau kasih sayangnya kepada hamba manusia. Kalau Allah SWT hanya melihat kesalahan manusia tanpa menghiraukan amal baik manusia, niscaya begitu banyak azab yang akan diturunkan atas dosa-dosa yang dilakukan manusia.

Apakah kita telah sembahyang kepada Tuhan dan ber-istiqomah dalam bersikap baik? Hati masing-masing yang bisa menjawab-nya.

Jaring Laba-laba yang Mampu Menghentikan Pesawat Jumbo Jet

Category : khasanah, ramadhan

[pipimerah.com] Saat bersih-bersih kamar ‘terindah’ sedunia (yeeee…….) di kolong tempat tidur  ada banyak sarang laba-laba. Pake ‘jurus sekali tebas’ jaring lembut itu rusak berantakan. Sadis! Padahal sarang itu pasti buatnya lama plus butuh kerja yang ga main-main. Tapi, salah sendiri buat sarang di kamar orang.

Kira-kira ntar laba-labanya marah ga ya…terus..manggil sodaranya buat nuntut balas?!? Takutnya kalo yang dipanggil ketua gank-nya..hiiii…. ngeri kali kalo ada laba-laba sebesar gajah masuk ke kamar. Gak! Gak bakalan!

Saat baca2 catatan soal laba-laba ada hal2 menarik yang perlu kamu ketahui:

FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG LABA-LABA

– Hewan ini diabadikan namanya di dalam kita suci Al Qur’an bahkan dijadikan sebagai nama surat (Al Ankabuut=laba-laba)

– Fosil laba-laba berusia 165 juta tahun yang ditemukan di daerah Daohugou, Cina Utara, adalah satu di antara contoh-contoh fosil tertua laba-laba yang ditemukan hingga kini. Ini menunjukkan laba-laba telah ada sejak jaman itu.

– Sebuah jaring laba-laba, sarang laba-laba, web spider adalah sutra protein yang dibangun oleh laba-laba. Bahan itu diekstrusi dari perutnya.

– Jaring laba-laba merupakan keajaiban desain yang memiliki rancangan perhitungan teknik yang tinggi

– Jika kita memperbesar laba-laba menjadi seukuran manusia, jaring yang dianyamnya akan memiliki tinggi sekitar seratus lima puluh meter. Ini sama tingginya dengan gedung pencakar langit berlantai lima puluh.

– Andaikan laba-laba sedemikian besar sehingga mampu membuat jaring dengan lebar lima puluh meter, maka jaring ini akan mampu menghentikan pesawat jumbo jet.

– Anyaman jaring laba-laba dibuat dari arah luar kearah dalam.

– Benang yang digunakan laba-laba sama ajaibnya dengan jaring itu sendiri. Benang laba-laba lima kali lebih kuat dari serat baja dengan ketebalan yang sama.

– Benang laba-laba lebih tipis dari rambut manusia, lebih ringan dari kapas, tapi lebih kuat dari baja, dan ia diakui sebagai bahan terkuat di dunia.

– Jaring laba-laba memiliki gaya tegang seratus lima puluh ribu kilogram per meter persegi.

– Jika ada benang laba-laba berdiameter tiga puluh sentimeter , maka ia akan mampu menahan berat seratus lima puluh mobil.

– Bahan yang dinamakan Kevlar, yakni bahan pembuatan jaket anti peluru di buat berdasarkan model serat benang laba-laba. Peluru berkecepatan seratus lima puluh meter per detik dapat merobek sebagian besar benda yang dikenainya, kecuali barang yang terbuat dari Kevlar.

– Benang laba-laba sepuluh kali lebih kuat daripada kevlar

– Laba-laba menghasilkan material yang lima kali lebih kuat dari baja, padahal ia tak memiliki tungku pembakaran dan teknologi apapun (bandingkan dengan baja, Baja termasuk material paling kuat yang tersedia bagi manusia yang diproduksi dengan sarana industri berat, menggunakan besi, dan diolah dalam tungku bertemperatur ribuan derajat)

– Tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa

– Laba-laba kebun Eropa yang disebut Arabella dan Anita, adalah laba-laba yang pertama kali terbang ke luar angkasa di gravitasi nol. Laba-laba itu ditempatkan di stasiun angkasa Skylab pada tahun 1973. Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah laba-laba juga membuat jaring berputar dan sama dengan jaring yang dihasilkan di Bumi. Tapi pada akhirnya kedua laba-laba meninggal dalam misi.

– Dalam pengobatan tradisional Eropa, jaring laba-laba digunakan pada luka untuk membantu penyembuhan dan mengurangi perdarahan.

– Laba-laba jenis Dinopsis tidak menunggu mangsanya terperangkap dalam jaring, tapi ia membuat perangkap bergerak untuk menangkap mangsanya. Dinopsis adalah  ahli pembuat perangkap

Laba-laba Bolas mampu meniru ngengat betina membuat feromon, layaknya seorang ahli kimia, menempelkannya diujung benangnya sebagai umpan untuk menangkap mangsa ngengat jantan. Feromon memiliki formula kimia yang khas, dan hanya ditemukan pada ngengat betina.

– Laba-laba Trapdoor ahli membuat jaring yang penuh sensor, sistem ini menjadikannya mampu merasakan getaran paling lemah di luar sarangnya, dan langsung menyergap sumber getaran tersebut.

12 link home

Apakah yang lebih baik dari Amal-Doa-Puasa?

Category : Kata-kata, ramadhan

Kata-Kata Bijak dari Nabi Muhammad s.a.w

1–Ilmu itu membedakan antara yang baik dengan yang salah, penerang menuju ke sorga, kawan di padang gersang, sekutu disaat tak ada teman, penuntun menuju kebahagiaan, pendorong saat kita jatuh, hiasan saat kita berkumpul dengan sesama, dan senjata disaat berhadapan dengan musuh

2–Seorang yang menanam pohon atau menebar benih di mana orang lain, burung, hewan mendapat makan dari situ, adalah telah melakukan tindakan amal.

3–Tiap sesuatu mempunyai pembersihnya dan pembersih hati adalah mengingat Allah

4–Apakah perbuatan utama itu? Menggembirakan hati manusia, memberi makan yang lapar, membantu yang menderita, meringankan kesedihan orang lain,menghilangkan penderitaan yang terluka

5–Sebaik-baiknya jihad adalah menaklukkan diri sendiri

6–Jika seseorang meletakkan seluruh kepercayaannya kepada Allah, seperti yang seharusnya, Allah pasti akan memenuhi kebutuhan orang itu, sebagaimana Dia memenuhi rezeki burung,. Mereka datang dengan rasa lapar di pagi hari, dan kembali ke sarang dengan perut kenyang di sore hari

7–Ketika Allah menciptakan makhluk-makhluk-Nya,Ia menulis di atas takhta-Nya: Sesungguhnya kasih sayang-Nya, mengalahkan murka-Nya

8–Allah tidak akan memberi ampun kepada siapa pun, kecuali orang-orang yang memberi rahmat bagi makhluk lain

9–Jagalah hati dari pagi sampai malam dan dari malam sampai pagi bebas dari niat jahat terhadap siapa pun

10–Katakanlah apa yang benar, meskipun mungkin pahit dan tidak menyenangkan kepada orang-orang

11—Akhlak yang baik adalah tanda iman seseorang, dan siapa pun yang tidak memiliki akhlak yang baik berarti tidak memiliki iman

12—Janganlah melihat hal-hal yang lebih diatas kita tetapi lihatlah yang dibawah kita

13–Jika tidak merasa malu dengan apa pun, maka  dapat melakukan apapun yang disuka

14–Ya Tuhan, karuniakanlah aku cinta-Mu, karuniakanlah aku, bahwa aku mengasihi orang yang mengasihi-Mu, karuniakanlah aku, bahwa aku bisa melakukan perbuatan yang memenangkan cinta-Mu. Karuniakanlah bahwa cintaku kepada-Mu melebihi cinta diri sendiri, keluarga dan kekayaan.

15–Lebih baik sendiri daripada berada ditengah orang-orang yang berbuat keburukan, tetapi masih lebih baik berada bersama orang-orang yang berbuat kebaikan daripada sendirian. Berbicara untuk mengajarkan ilmu lebih baik dari diam, tetapi diam juga lebih baik daripada berbicara tak ada artinya.

16–Sesungguhnya, seorang pria yang mengajar perilaku anaknya lebih baik daripada memberikan satu gantang gandum

17– Siapapun yang baik kepada sesama, Allah akan baik kepadanya

18– Sulit bagi seorang yang bergelimang kekayaan untuk mendaki jalan terjal, yang mengarah pada kebahagiaan

19–Seorang yang menyingkirkan duri dari jalan. Allah mengucapkan terima kasih dan mengampuni dosa-dosanya

20–Seseorang melakukan perbuatan menurut apa yang dia tahu

21–Seseorang harus rendah hati dan tidak menganggap dirinya lebih dari orang lain serta tidak boleh menindas yang lainnya

22–Siapa yang paling disukai Allah? Adalah yang paling baik kepada makhlukNya

23–Seorang Muslim sejati adalah bersyukur kepada Allah dalam kesejahteraan, dan berserah diri dengan kehendak-Nya dalam kesulitan

24–Seorang muslim yang bertemu dengan orang lain dan saling berbagi meringankan beban lebih baik dari yang menjalani kehidupan menyepi

25–Sembahlah Allah, seperti seakan-akan bisa melihat-Nya, walaupun kita tidak dapat melihat-Nya, Dia dapat melihat kita

26–Allah tidak melihat rupa kita atau harta kita, tetapi Dia melihat hati dan perbuatan kita

27–Kekayaan terbaik adalah kekayaan jiwa

28–Jagalah dari iri hati, karena iri hati memakan dan menghapus tindakan yang baik, seperti api memakan dan membakar kayu

29—Berkatalah yang baik atau diam.

30–Sesungguhnya, Allah itu lembut dan menyukai kelembutan.

31–Barangsiapa mencintai pertemuan dengan Allah, Allah suka bertemu dengannya

32—Yang mendekatkan diri kepada Allah adalah sembahyang awal waktu, berbakti kepada orang tua, jihad di jalan Allah

33–Ketika tiga orang bersama, dua dari mereka tidak harus berbisik satu sama lain, tanpa membiarkan ketiga mendengar, karena akan menyakiti hatinya

34—Salahsatu wujud bertaqwa adalah berbakti kepada orang tua

35–Semua umat Islam adalah kesatuan, masing-masing memperkuat yang lain, dengan cara seperti itu mereka saling mendukung

36–Berjuanglah selalu terdepan dalam kebajikan dan kebenaran

37–Tidak akan masuk surga sampai seseorang memiliki iman, dan tidak akan sempurna iman seseorang sampai orang itu mencintai satu sama lain

38—Orang yang ingin masuk surga di gerbang terbaik, harus menyenangkan hati ayahnya dan ibunya

39–Tidak akan tersesat kalau seseorang berpegang teguh kepada 2 hal : Kitab Allah dan Sunah Rosul-Nya

40–Allah adalah Satu dan suka Kesatuan

41—Sebaik-baiknya sedekah adalah ibarat, yang tangan kanan memberi dan tangan kiri tak mengetahui

42–Bukan seorang Muslim yang sempurna, yang makan sampai ia kenyang sedang tetangganya lapar

43—Bukanlah seorang muslim, orang yang tidak kasih sayang kepada orang yang lemah, dan tidak menghormati yang tua, dan yang tidak mengerjakan yang halal dan meninggalkan yang haram

44–Bukanlah orang yang beriman sejati kecuali ia memberikan kepada yang menginginkan apa yang sangat dicintainya.

45–Berjuang di jalan Allah dari fajar sampai tengah hari dan sampai matahari terbenam adalah lebih baik daripada barang dan kenikmatan dari seluruh kehidupan duniawi

46—Janganlah jadi orang munafik yang ketika ia berbicara ia berdusta, ketika ia berjanji dia ingkari, ketika dia dipercaya dia khianati

47—Muslim yang tulus adalah mengerjakan dengan ikhlas

48–Apakah yang lebih baik dari Amal-Doa-Puasa? Menjaga perdamaian dan hubungan baik sesama manusia.

49—Bekerjalah seolah-olah berada di dunia selamanya, Beribadahlah seolah-olah  mati esok hari

50__Kenikmatan dunia hanyalah sementara, ibarat seperti pengembara yang beristirahat di bawah sebuah pohon teduh dan kemudian pergi lagi meneruskan perjalanan

Buah Kurma, Dianjurkan Untuk Hidangan Berbuka Puasa

Category : ramadhan

Ketika Adzan Maghrib terdengar di bulan Ramadhan (suara paling di-rindu-kan selama bulan itu,hehe), muslim dari seluruh dunia akan bergegas berbuka puasa (Breaking –Fast, Ada Kebaikan Ketika Seorang Muslim Menyegerakan Untuk Berbuka Puasa).

Ada : Doni yang langsung cekatan menuangkan es teh manis ke mulutnya, ada Salma yang berbuka puasa dengan es buah segar, sementara Samino anteng banget dengan semangkuk kolak pisang manis buatan ibunya.

Ada juga-bahkan jumlahnya banyak, yang berbuka dengan : rokok! Haha…makan angin!

Tapi, apa-sih sebaiknya hidangan pertama berbuka puasa itu?

Buah kurma! Ya-jawabnya adalah buah kurma. Sayang, di negara kita cari buah itu susah juga, mesti beli-mahal lagi! (Ada ga sih ‘Proyek Pertanian Kurma’ di negara muslim terbesar ini, jadinya nanti nggak usah impor kurma)


Kurma (sometimes spelled kormaa, qorma, kavurma, khorma, or korma), buah yang terkenal dengan rasanya yang manis, sangat populer di bulan Ramadhan. Dalam haditsnya, Rasulullah menganjurkan berbuka puasa dengan kurma dalam jumlah ganjil. Nabi Muhammad saw, pasti memiliki alasan yang kuat mengapa memberi anjuran seperti ini.

Alasan Kenapa Buah Kurma Dianjurkan Untuk Hidangan Berbuka Puasa :
– Kurma mengandung gula sederhana dalam bentuk glukosa dan fruktosa yang sangat mudah dicerna. Pengolahannya tidak membutuhkan waktu lama. Hasil olahan yang berupa energi sudah dapat langsung dipakai oleh tubuh.
– Bila dibandingkan dengan nasi yang penyerapannya membutuhkan waktu berjam-jam, penyerapan gula dalam kurma hanya butuh waktu 45-60 menit. Oleh karenanya kurma sangat cocok untuk berbuka puasa.

– Menurut ahli gizi Luhir Ngudi Setyaningrum, kurma mampu mengubah tingkat keasaman lambung menjadi basa setelah 13-14 jam tidak memperoleh makanan dan minuman.
– Saat berpuasa, tubuh kekurangan 20-30 persen energi dibandingkan pasokan biasanya. Untuk menambal kekurangan itu, tubuh mengambil cadangan energi dari glikogen dan lemak. Oleh karena itu, sebagai pembuka puasa, dianjurkan mengonsumsi makanan dengan kandungan gula sederhana yang cepat mengembalikan energi. Selain kurma, gula sederhana juga didapat dari es sirup, es teh, atau es buah.

– Sebagai sumber energi instant.
-100 gram kurma (setara dengan 6 suplai 8 butir kurma) mengandung 278,9 kalori, 3 g protein, dan 73,6 karbohidrat.
-Serat dalam bentuk selulosa dan hemiselulosa. Keduanya mengatur peristaltik usus sehingga memudahkan BAB.
Asam salisilat yang umum dijadikan bahan dasar aspirin. Asam salisilat mencegah pembekuan darah, antiinflamasi (radang), dan menghilangkan rasa ngilu, menurut Romdoni spesialis penyakit dalam dan spesialis jantung-pembuluh darah.

Fosfor dan kalium. Keduanya berfungsi mengatur denyut nadi jantung dan membantu mengatur tekanan darah. Karenanya, mengonsumsi kurma dapat menurunkan risiko stroke.Kalium juga berguna untuk sistem saraf. Kalium yang berasal dari kurma lebih istimewa karena dapat menjadi penawar kelelahan, dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Vitamin A dan E yang membantu sistem imun tubuh, memelihara sel-sel epitel, dan retina mata.
– Mengandung  zat tannin yang berguna untuk pencegahan dan pengobatan penyakit perut. Selainnya, juga mengobati pilek, radang tenggorokan, radang hati, radang saluran pernafasan, dan meringankan demam.
– Aman untuk perut sensitif.
Besi dan karbohidrat dalam buah kurma sangat baik untuk pasien dengan anemia kronis dan lesu.
– Mengandung serat yang tinggi serta tidak larut di darah sehingga dapat mencegah kanker dan penyakit jantung.

Dengan manfaat yang begitu banyak, tidak heran kurma dianjurkan untuk hidangan berbuka puasa. Tidak hanya rasanya yang manis, tetapi juga menyehatkan.

123 link home