Ayo Segera Jadikan Rumah Kamu Cantik Dengan Tanaman Hias Anti Polutan

Category : daftar teratas, khasanah, tips cantik

Mengerikan jika mengetahui udara yang kita hirup tiap hari mengandung polutan yang meracuni tubuh tiap saat. Kita akan menjadi sakit dan semakin memburuk. Bermacam racun ada di udara : toluena, xilena, etil asetat, metilen, aseton dan kloroform.
Ada tiga racun utama (benzene, trichloroethylene and formaldehyde) yang mengakibatkan masalah kesehatan yang serius seperti asma, kanker, berbagai alergi.
Penelitian dari NASA dan Associated Landscape Contractors of America (ALKA) menemukan berbagai macam tanaman hias yang membuat udara bersih dan menjaga kelembaban dalam ruangan. Tanaman ini juga sebagai penyerap polutan udara yang dapat diandalkan.

1. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Tanaman hias seperti rumputan dengan daun panjang, Chlorophytum comosum juga merupakan tanaman yang tumbuh dengan cepat. Menghilangkan gas beracun serta pengotor lain seperti formalin dan xylene. Efektif di tempatkan  di dapur atau dekat perapian, tempat dimana karbon monooksida terakumulasi banyak.

2. Boston fern (Nephrolepsis exaltata bostoniensis)

Tanaman eksotis yang anggun dengan daun melengkung dan berjumbai, Pakis Boston juga bertindak sebagai humidifier alami. Pakis Boston tumbuh di bawah sinar matahari intensitas rendah dan dalam kondisi lembab. Dengan melepaskan kelembaban ke udara, mereka menghapus polusi udara jahat seperti benzena, formaldehida dan xilena, dan menyediakan udara bersih di dalam rumah.

3. English Ivy (Hedera helix)

Meskipun daunnya beracun, Hedera helix sangat populer dan paling cocok untuk pasien dengan kondisi sakit asma dan alergi. Mudah tumbuh di bawah sinar matahari cerah, tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa menghilangkan benzena, formaldehida serta berbagai bahan kimia gas beracun yang dikeluarkan oleh bahan sintetis. Sering ditanam di sekitar bangunan pabrik bahan sintetis.

4. Areca Palm (Chrysalidocarpus lutescens)

Tumbuhan ini sangat sensitif dengan daun berbulu, dikenal sebagai humidifier. Bisa di tanam di daerah di mana mengalami musim dingin ekstrem. Meskipun tanaman tumbuh lambat dan membutuhkan perawatan sepanjang tahun, dapat disimpan di mana saja di rumah, terutama di sebelah furnitur yang baru dipernis atau di ruangan berkarpet. Tanaman hias ini membantu menghilangkan racun mematikan seperti formalin dan xilena.

5. Golden Pothos (Epipremnum aureum)

Juga dikenal sebagai Devil’s Ivy atau Silver Vine, Epipremnum aureum adalah tanaman yang sangat invasif. Dengan daun hijau dan  batang menjalar.Sangat efisien dalam menghilangkan polutan dalam ruangan seperti formaldehid, benzena dan xilena. Tanaman ini beracun bagi hewan kecil dan di jauhkan dari jangkauan anak kecil atau hewan piaraan

6. Aloe Vera (Aloe barbadensis)

Kita semua tahu bahwa lidah buaya hadir dalam banyak produk perawatan kulit dan rambut. Tidak hanya membantu perawatan kulit, tanaman ini juga digunakan untuk menyaring emisi gas dari bahan beracun yang berbahaya. Diklaim memiliki banyak kasiat sebagai tanaman obat. Tanaman luar biasa ini juga dapat ditanam sebagai tanaman hias di halaman.

7. Chinese Evergreen (aglaonema modestum)

Merupakan tanaman pembersih udara yang sangat baik, aglaonema modestum adalah tanaman herba rumpun yang mudah beranak. Tanaman hias dengan daun hijau indah mengkilap. Dapat  tumbuh di bawah cahaya minimum maupun di media dengan kadar air seadanya. Tanaman ini menyaring racun udara seperti benzena dan formaldehid.

8. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

Banyak digunakan sebagai tanaman hias, Sansevieria trifasciata merupakan tanaman tahan musim dan dapat hidup dengan air minimum. Para ilmuwan di NASA telah menemukan bahwa tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap formaldehid, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara.

9. Marginata (Dracaena marginata)

Seseorang tidak dapat mengabaikan keindahan marginata, tanaman yang memiliki daun tipis glossy dengan tepi merah. Tanaman hias yang sangat dikenal berbunga lambat, mudah tumbuh di lingkungan mana saja. Tidak hanya menghilangkan formalin dan benzene dari udara, tetapi juga mampu menyaring racun lain yang hadir di sana. Namun, perawatan yang tepat harus diambil saat menempatkan tanaman di dalam ruangan , karena bisa menjadi racun bagi anjing.

10. Peace Lily (Spathiphyllum)

Tanaman hias utama adalah Peace Lily, paling dikenal untuk mengurangi racun dalam ruangan yang berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Perawatan tanaman ini mudah. Tanaman ini dapat menghilangkan polutan berbahaya, menghilangkan benzena dan formaldehid di rumah.

link

Comments (1)

sungguh artikel yg sngat bagus yg brguna bagi manusia, tanpa kita sadari trnyata tanaman sangat brjasa atas manusia, akan ttp kita kadang menelantarkannya.

Tulis Komentar